Cara Memasang Kusen Pintu Dan Jendela Praktis


Cara Memasang Kusen Pintu Dan Jendela Praktis | Siapa yang tak ingin rumahnya tampil cantik dengan pemasangan kusen yang tepat, untuk Pemasangan kusen pintu kayu harus mempunyai kemampuan serta pengalaman, karena pemasangannya bervariasi tergantung teknik dan pengalaman masing-masing tukang. Mungkin ada kesamaan dengan kusen jendela kayu, namun juga ada perbedaannya. Ada beberapa teknik umum yang biasa ditemui di berbagai rumah tinggal tentang pemasangan kusen pintu kayu. karena bila salah dalam memasang kusen pintu/jendela akan berakibat fatal dan sangat buruk bagi bangunan tersebut. Dan juga akan berdampak buruk bagi pintu atau jendela, beberapa hal yang akan terjadi bila salah dalam memasang kusen pintu/jendela yaitu:

1. Posisi pintu tidak simetris pada saat tertutup
2. Bagian bawah pintu saling bersinggungan saat pintu di buka maupun di tutup
3. Dinding ikut miring karna mengikuti kusen tersebut
4. Daya rekat pada dinding kurang maksimal, dan mudah lepas
5. Yang lebih fatal lagi bila pemasangan terlalu tinggi atau terlalu pendek, sehingga daun pintu di potong atau di tambal.

 

pasang-kusen-kayu

 

Untuk menghindari hal buruk terjadi pada kusen pintu anda,maka luangkan waktu anda untuk membaca tips dan trik berikut ini :

• Dalam memasang kusen ada 2 macam tehnik, yaitu kusen pintu dan kusen jendela, yang sebenarnya sama dalam pemasangannya, cuma beda waktu dalam memasangnya.
• Bila proses membuat bangunan rumah mulai dari nol, maka pemasangan kusen tersebut di pasang setelah pengecoran pada pondasi rumah tersebut selesai dan sudah mengeras atau kering. sehingga tidak merusak cor pada pondasi
• Pemasangan kusen tersebut tepat di titik tengah pondasi dan itu menjadi pedoman wajib yang nantinya menjadi pedoman dalam pemasangan batu bata.
• Pasang kayu / papan yang lurus untuk profil dengan cara di lot terlebih dahulu, lalu garis benang pada pinggi kusen sebagai patokan dalam menata posisi kesen tersebut
• Perlu di perhatikan sebelum memasang kusen tersebut anda perlu menanbahkan papan pada bagian kaki kusen untuk batasan antara kusen dan lantai. biasanya kaki kusen di tambah 5 cm.
• Pada kanan dan kiri kusen di pasang paku ukuran 3 inchi supaya ada kekuatan dan menempel erat pada dinding, tak perlu banyak banyak 4 biji untuk kanan dan 4 biji untuk kiri sudah cukup
• Cek kedua sudut kusen dengan menggunakan siku,
• Untuk pemasangan kusen biasanya pada ruang tamu, kamar, teras, dapur, ruang belakang, untuk mengecek kusen agar tegak lurus bisa dengan menggunakan lot. pengecekan juga pada faktor kaki kusen.
• untuk lebih sempuna bisa juga di cek dengan menggunakan selang, atur ketinggian kusen satu dengan lainnya dengan menggunakan selang tersebut.
• supaya kusen tidak berubah maka perlu adanya tambahan sekrup pada kusen tersebut.

 

kusen-jendela

 

Untuk Metode Pemasangan Kusen Pintu,Sebenarnya prinsip pemasangannya sama dengan pemasangan kusen pintu, akan tetapi berhubung jendela ukurannya lebih pendek maka perlu penambahan batu bata pada bawah kusen tersebut. adapun caranya sebagai berikut :

• Untuk kusen jendela yang menjadi patokan adalah tinggi kusen pada pintu dan kekurangan pada kusen jendela di pasang batu bata pada bagian bawah kusen tersebut.
• atur tinggi kusen dengan menggunakan selang / waterpas atau dengan menarik benang pada ke dua sisi kusen juga bisa dengan menggunakan lot pada titik tengah kusen dan ukur

 

pasang kusen

 

1. Kusen pintu dengan sepatu Yaitu teknik pemasangan kusen pintu yang mana kedua ujung kaki kusen tidak menyentuh keramik/lantai alias dibuatkan sepatu berupa lapisan bata atau campuran semen/beton setinggi 5-10 sentimeter dari level lantai, setelah terlebih dahulu ditancapkan besi atau paku di bagian bawah untuk penguat. (Mungkin kalau kusen jendela sedikit berbeda)

Tujuan pembuatan sepatu ialah supaya kusen pintu (khususnya kamar mandi) tidak cepat rusak akibat terkena air sewaktu mengepel dan mencuci lantai. Ini adalah cara lama yang tidak artistik dan mengurangi nilai keindahan kusen itu sendiri.

2. Kusen pintu terjepit, yaitu teknik pemasangan dengan kedua kaki kusen yang tertanam di lantai sedalam beberapa sentimeter dan mendapat jepitan dari ubin (keramik) lantai yang terpasang di sekelilingnya. Cara ini yang lebih mementingkan keindahan dan banyak dipergunakan saat ini.

3. Kusen pintu sistem fischer merupakan teknik yang praktis. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang diborkan dan ditanam bersama kusen merapat ke tembok sekeliling kusen pintu yang sudah diplester rapi dan sangat akurat ukuran dan sudut siku-sikunya. Untuk teknik pemasangan ini, ketebalan kusen bukan masalah sebaliknya kusen pintu yang tebal justru mengurangi keindahan.

Selain teknis pemasangan, kini kusen pintu dapat tampil lebih kreatif dengan tempelan lis profil yang berukiran manis dan menawan. Cukup dengan mengoleskan lem kayu pada kusen atau lis profil serta diperkuat dengan paku kecil, jadilah kusen pintu yang artistik.

Jika Anda tertarik untuk memperoleh sebuah Kusen Pintu Jendela kayu untuk membuat rumah anda lebih indah, maka mengapa tidak berhubungan dengan kami, di sini di PT. Karunia Jayama Sentra. Kami adalah sebuah perusahaan Industri kayu, profesional dan ramah yang berlokasi di Jakarta Timur, dan kami akan membantu Anda untuk menemukan solusi yang tepat untuk rumah Anda. Hubungi kami hari ini di 021-22086971 – 22087767, email kami di karuniajatama@yahoo.com atau alternatifnya Anda bisa klik di sini untuk mengikuti link langsung untuk melihat kami berbagai macam Kusen dan pintu kayu di waktu luang Anda

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *